TvOneSport,Jakarta – Sirkuit Algarve International akan menjadi sirkuit terakhir di gelaran MotoGP 2020. Beberapa pebalap MotoGP telah melakukan tes di sirkuit yang disebut sebagai roller coaster tersebut.
Penyebutan roller coaster bukan tak berdasar. Soalnya, sirkuit Algarve menuntut pebalap memacu kecepatan tinggi dengan elevasi yang naik-turun

Valentino Rossi sempat melakukan pengujian di sirkuit ini. Bukan pakai M1 yang biasa ia tunggangi di MotoGP, Rossi menunggangi Yamaha R1, motor superbike versi produksi massal.

“Berkendara di sini sangat menarik, karena treknya indah dan secara teknis cukup sulit,” kata Rossi seperti dikutip Crash.

“Ini trek yang sangat aneh karena banyak perubahan ketinggian. Tapi indah dan aspal bagus, gripnya bagus. Anda dapat sangat menikmatinya saat berkendara di sini.”

Rossi mengaku, sirkuit ini terlihat lebih sulit di televisi. Tapi, dalam kenyataannya, Rossi bisa menikmatinya.

“Ada tiga atau empat titik yang agak menakutkan, karena Anda memiliki lompatan besar. Akan sulit untuk mempertahankan kontak motor MotoGP dengan aspal di sana. Tapi secara umum itu adalah trek yang sangat manis untuk dikendarai, jadi saya menyukainya,” ucap Rossi.

Rekan setim Rossi, Maverick Vinales mengakui trek ini berbeda dari biasanya karena banyak perubahan ketinggian. Vinales yang juga mencoba sirkuit ini dengan Yamaha R1 mengaku menyukai treknya.

“Saya memiliki perasaan yang baik dengan motor jalan raya standar (Yamaha R1) saya dan saya pikir akan lebih baik lagi ketika saya berkendara dengan motor MotoGP, saya akan lebih cepat,” katanya.

“Treknya terlihat luar biasa dan sangat menyenangkan untuk dikendarai. Tantangan terbesar di sini adalah wheelie (ban depan motor terangkat). Kami harus bekerja keras untuk ini karena ada banyak perubahan pada ketinggian dan kami perlu kontak (ban) depan,” lanjut Vinales.